Hemorrhoid umumnya dikenal di Indonesia kita tercinta ini sebagai ambeien atau wasir. Diakibatkan oleh mengejan terlalu lama dan terlalu sering. Hal ini karena kurangnya asupan serat (dari sayuran dan buah-buahan) serta kurangnya minum air putih. Seharusnya manusia memakan serat 30% dari porsi makan sehari-hari atau lebih bagus jika bisa mengonsumsi serat >30%. Begitu pula dengan air putih, manusia seharusnya meminum air putih minimal 8 gelas per hari.

Usus kita terdiri dari jaringan-jaringan halus yang berfungsi untuk proses metabolisme makanan ataupun minuman yang kita konsumsi. Setelah bertahun-tahun bertahan dengan pola makan sembarangan, jaringan usus mulai tertutup dengan sisa-sisa metabolisme yang tidak berhasil dikeluarkan oleh tubuh. Sisa-sisa ini akan mengendap lama dan menahun serta menjadi sumber toxin (racun) jika tidak mulai hidup sehat dengan mengonsumsi sukup serat dan air putih. Ingat bahwa serat berfungsi membungkus sisa-sisa metabolisme dan mengeluarkannya dari tubuh, khususnya jika serat yang anda konsumsi adalah jenis serat organik (sayuran ataupun buah-buahan yang ditanam tanpa bahan-bahan kimia buatan). Serat bekerja sama dengan air putih dalam proses ini, air putih membantu mencerna serat sekaligus melunakkannya dan mendorongnya keluar dari dalam tubuh. Anda juga dapat menambah asupan yoghurt karena sangat bermanfaat bagi kesehatan usus.

Jika sudah terlanjur terkena hemorrhoid dan baru pertama kali mengetahui bahwa anda mengidapnya, langkah pertama yang bisa dilakukan di rumah secara cepat adalah meminum air putih 1-2 gelas. Setelah itu hentikan dulu memakan daging-dagingan atau produk kemasan sejenis. Bahkan kurangi dulu porsi nasi yang dikonsumsi. Sebaliknya perbanyak sayuran dan buah-buahan. Lalu kembali minum air putih yang cukup.

Konsumsi kafein (kopi) akan meningkatkan sensitivitas pada jaringan hemorrhoid, sehingga sebaiknya hentikan kebiasaan meminum kopi. Sedangkan minuman bersoda akan meningkatkan rasa gatal. Oleh karena itu, gantikan dengan air putih atau air mineral atau jus buah-buahan segar.

Gunakan pakaian dalam yang bersih dan kering. Kelembaban akan memperparah jaringan hemorrhoid tersebut. Jadi, lap atau usaplah daerah sekitar hemorrhoid secara hati-hati sampai tidak ada air yang tersisa. Dilarang menggosok-gosok bagian hemorrhoid dengan kasar karena akan membuat daerah tersebut tambah nyeri dan sensitif.

Setiap kali anda akan mandi, siapkan air hangat untuk berendam dengan posisi duduk atau jongkok. Air hangat ini membantu mengurangi pembengkakkan. Jika tidak ada bathtub untuk berendam, gunakan saja gayung untuk membilas seperti biasa. Caranya adalah dengan mempersiapkan air hangat di dalam ember, lalu sedikit demi sedikit bilaskan dari arah depan ke belakang menggunakan gayung tadi. Pastikan daerah yang terkena hemorrhoid mendapatkan rasa hangat dan nyaman. Dilarang menggunakan air panas (Hot Water) karena akan merusak jaringan hemorrhoid. Dilarang membilas dari arah belakang ke depan, karena bakteri yang biasa berkembangbiak di anus dapat menginfeksi daerah kelamin. Bilas dengan arah biasa seperti ketika membilas sesudah buang air besar (BAB). ’Ritual’ berendam atau membilas dengan air hangat ini dapat dilakukan berulang-ulang hingga anda merasa nyaman.

Hemorrhoid dikenal dengan gejala:

1. Susah BAB lebih dari 1 minggu (konstipasi berulang/terus-menerus).

2. Terasa nyeri, atau gatal, atau perih setelah BAB atau terus-menerus bahkan ketika tidak BAB.

3. Jika diraba secara hati-hati, terasa ada benjolan yang tidak biasanya. (Hati-hati karena benjolan tersebut juga bisa muncul di dalam anus tanpa kita ketahui).

Konstipasi dapat diatasi dengan minum air putih dan makan buah seperti pepaya untuk merangsang usus besar dan mempermudah proses pengeluaran feses. Namun konstipasi yang sudah dangat parah, dengan feses yang terlalu keras dapat diatasi dengan obat pencahar supositoria (yaitu pencahar yang dimasukkan ke dalam anus), seperti ultraprok sup atau dulcolax sup. Hati-hati, ada beberapa obat pencahar BUKAN jenis Supositoria (yaitu jenis obat pencahar yang diminum) yang mampu menggerus kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh. Vitamin dan mineral ini mampu dikeluarkan bersamaan dengan feses, artinya tubuh malah akan kekurangan vitamin dan mineral yang seharusnya diserap secara optimal (bukan dikeluarkan).

Rasa nyeri atau gatal atau perih menandakan ada sesuatu yang tidak normal. Karena BAB adalah proses alami sejak manusia diciptakan, sehingga seharusnya terasa alami dan melegakan. Jika ada rasa nyeri atau perih, segera ubah pola makan. Jangan memakan makanan pedas (sebagian besar penderita hemorrhoid adalah penggemar masakan pedas dan berminyak). Makanan yang pedas merangsang pembengkakkan hemorrhoid. Makanlah makanan yang mengandung banyak air dan serat. Seperti sup sayuran atau sereal biji-bijian yang megandung serat seperti oat. Jika anda ingin variasi minum air putih, anda bisa mengonsumsi sup polos seperti sup yang hanya ada potongan wortelnya atau sup yang hanya terdiri dari brokoli rebus. Tetapi jangan memakan sup yang pedas-pedas.

Menurut Hembing, ada ramuan tradisional yang bisa digunakan, yaitu:

1. Lidah buaya diparus atau dijus, tambahkan air matang dan 2 sendok madu. Aduk dan saring kemudian diminum. Buatlah ramuan ini sebanyak 3x sehari.

2. Lidah buaya dijus, campur dengan norit dan bubuk gambir. Aduk hingga rata seluruhnya lalu oleskan pada daerah hemorrhoid.

Anda bisa melihat ulasan selengkapnya mengenai manfaat lidah buaya pada link berikut http://pondokrenungan.com/isi.php?table=sehat&id=22&next=0

Jika benjolan yang ditemukan tergolong besar hingga hampir menutup lubang anus dan meneteskan darah terus-menerus, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Umumnya dokter akan memeriksa bagian anus dengan alat yang mampu membuka anus dan memeriksa besarnya benjolan tadi. Dokter akan memberikan 2 jenis obat, yang diminum dan yang supositoria. Keduanya untuk membantu penyembuhan hemorrhoid. Yang jenis supositoria umumnya berfungsi memperlunak feses sehingga mengurangi aktivitas mengejan yang dapat memperparah pembengkakkan.

Penderita hemorrhoid tidak boleh mengejan terlalu lama. Jika sudah merasakan dorongan untuk BAB (ditandai dengan pergerakan usus besar yang mendorong pelan-pelan feses ke bagian anus), segera pergi ke toilet atau kamar mandi. Penderita hemorrhoid dilarang menunda-nunda BAB. BAB harus dilakukan segera sebelum rangsangan/dorongan di usus besar menghilang. Hati-hati jika terbiasa menunda BAB, karena rangsangan/dorongan usus besar hanya akan kembali beberapa jam kemudian atau bahkan di hari berikutnya. Akibatnya feses akan semakin mengeras dan semakin sulit dikeluarkan. Aturan mengejan bagi penderita hemorrhoid adalah 30 detik sekali mengejan. Jangan mengejan secara nonstop dalam waktu lebih dari 30 detik. Orang yang normal akan selesai BAB hanya dalam waktu 3 menit. Jadi, jika tidak terjadi apapun dalam 3 menit tersebut, jangan memaksakan diri. Tunggu hingga rangsangan/dorongan untuk BAB kembali lagi. Berusahalah rileks, jangan tegang. Dilarang ke toilet sambil membaca bahan bacaan atau HP karena membuat proses BAB menjadi lebih lama dari normalnya.

Penderita hemorrhoid perlu bersikap terbuka terhadap keluarga dekat mengenai hal ini. Dukungan dari keluarga sangat penting. Apalagi karena keluarga adalah pihak pertama yang akan meonolong kita jika terjadi sesuatu yang mendadak.

Jika perlu, dapat pula terbuka terhadap teman atau rekan sekerja (hanya jika perlu). Apalagi kalau teman anda kuliah di jurusan KU, pasti akan sangat membantu dalam memperoleh informasi. Jangan kaget jika anda menemukan fakta bahwa ternyata ada teman anda yang juga pernah mengidap hemorrhoid. Anda bisa berbagi info dan tips berguna.

Jangan korbankan masa depan anda hanya demi sepiring atau semangkok makanan yang pedas dan berminyak. Jika mendapat ajakan makan-makan dari teman atau rekan sekantor, pilihlah menu yang banyak mengandung air dan serat serta tidak pedas dan berminyak. Tubuh yang sehat akan mendukung pendidikan dan karir anda di kemudian hari. Jangan remehkan gejala awal hemorrhoid. Lakukan olahraga ringan secara teratur. Jangan melakukan olahraga berat seperti sepakbola, jalan jongkok, dll. Sebisa mungkin kurangi benturan atau gesekan yang dapat memperparah hemorrhoid, seperti kebiasaan mengendarai kendaraan sambil ngebut di jalan berbatu-batu atau olahraga berat bahkan olahraga ekstrim.

Last but not the least adalah: Tetap Semangat Beraktivitas sambil Terus Melakukan Pola Hidup Sehat dan Berdoa. Ingat hati yang gembira adalah obat alami manusia.

Silakan mengunjungi hemorrhoid.net untuk informasi dalam bahasa Inggris.