-TOTAL di siang bolong, JAPFA Comfeed di pagi2 buta, dan Jasindo keesokan Harinya-

TOTAL….. (TPA 6 April 2011, 12.30-selesai)

Berbekal kemampuan ala kadarnya, langkah kaki berat hampir terseret-seret, hingga akhirnya memasuki ruangan tes TOTAL!!! Barangkali ada ratusan atau ribuan kepala yg puyeng TOTAL!!! akibat memikirkan rangkaian angka-angka njlimet untuk menemukan jawabannya, *termasuk saya, hix ><

“Maaf Bu, soal-soalnya susah TOTAL!!! untuk dikerjakan”, kataku dlm hati *sambil melototi buku soal dgn mata berkaca-kaca (kelilipan bilangan faktorial).

“Aduhh, pertidaksama-aaaaannn!!!. Bagaimana ya caranya?? LUPA TOTAL!!!” Terpaksa menggunakan jurus common sense, meskipun my sense is not common, jiahhh..

3 jam berlalu….

Baiklah, sebelum kita pulang, saya akan jelaskan proses rekruitmen TOTAL!!!

******************(nggak dengerin booo-udah capek soalnya)************************

Jadi dari ribuan pelamar yang mengirimkan lamarannya, kita hanya akan ambil satu orang saja yang terbaik.

*jiaaaaaaaaaaaaaaa, KEJAM TOTAL!!! yaaa…. hix , kalo gitu anggep aja hari itu latian ngerjain TPA

JAPFA Comfeed (Interview&Psikotes, 7-8 April 2011, 08.00-selesai)

“Maaf Bu, mading itu artinya MAJALAH DINDING..” *krik-krik…, begitulah kira2 jawabanku ketika ditanya, “Apa itu KOORD. MADING??” Mungkin baru kali ini Ibu tsb menghadapi seseorang yg hanya berpengalaman memimpin sebuah papan kosong, kertas lipat, dan spidol warna-warni sebagai anak buahnya.

“TOEFL score berapa?”, “IPK?”, “Mau di Medan nggak?”

“Baiklah, besok ikut psikotes ya…”

Psikotes berlangsung dgn khidmat. Hanya ada beberapa orang saja yg terlambat. Kebanyakan berpenampilan layaknya orang kantoran, kecuali diriku yg rada-rada katrok, hehe

Ketika presentasi:

Kami sangat jarang melakukan open recruitment. Perusahaan kami hanya akan membuka rekruitmen baru jika ada pabrik-pabrik baru yang dibangun (ekspansi). Terakhir kali kami buka lowongan itu sekitar 5 tahun yang lalu. Kebanyakan SDM di perusahaan kami sudah tua-tua seperti saya (sambil menunjuk dirinya). Level middle management dan top management semuanya udah tua-tua, jadi kami butuh penggantinya.

Jalur MT ini adalah fast track menuju level middle dan top management. MT akan dimulai tgl 2 Mei 2011 besok selama 1 tahun. Stelah itu akan ada ikatan dinas 2 tahun, dengan penempatan di berbagai lokasi pabrik kami di Indonesia. Selama 3 tahun tsb Anda akan dikenai denda jika mengundurkan diri. Pada saat MT, Anda dilarang menikah ya.

Selama menjalani program MT, Anda akan memperoleh uang saku, bantuan transport, bantuan makan, dan bantuan tempat tinggal selama setahun. Anda akan dididik baik dalam kelas maupun melalui OJT. Di akhir program, Anda harus membuat presentasi utk keperluan evaluasi kinerja.

Jika ada user yang tertarik dengan Anda, maka Anda akan kami pekerjakan dengan ikatan dinas 2 tahun. Namun, jika tidak ada user yang tertarik dengan Anda, maka dengan terpaksa Anda harus pulang ke rumah masing-masing. Oleh karena itu, selama MT bekerjalah sebaik mungkin. Jual diri Anda ya!

JASINDO (TPA, 9 April 2011, 08.00-selesai)

TAHAPAN TES/SELEKSI :

  • Tahap Administrasi
  • Tahap 1 : (TPA, Pengetahuan Umum dan Bahasa Inggris)
  • Tahap 2 : Psikotes, Diskusi Kelompok dan Psikologi Interview
  • Tahap 3 : Wawancara Manajemen
  • Tahap 4 : Tes Kesehatan

Motorku melaju dengan kencang menyalip sebuah bis rongsok berwarna karat. Maklum, jam dinding menunjukkan pukul 7.32 ketika aku tancap gas dari rumah. Whuaaa, moga2 blum telat, huhuhuhu……. Walaahh, ternyata masih seppi nih. Sesampainya di auditorium, LHO LHO pesertanya cuma dikit, bagus dehh, biarin mengurangi saingan!!! hihihihihihi… Setelah tengak-tengok kiri kanan, jiaaahh, tak ada satu pun yg kukenal.. Nampaknya kawan2ku sudah pergi semua meninggalkanku, hixx

-uhug-uhug-tes-tes-tes-ngiiiiiinggg (suara mikrofon berdenging)

Tahun ini ada sekitar 2.000 peminat. Paling banyak di Jakarta. Terbanyak kedua adalah peminat di Yogyakarta, yaitu sebanyak 450 orang (campuran S1 dan D3). Bagi S1 akan ditempatkan sbg MT, sedangkan D3 akan ditempatkan sebagai Pelaksana.

Kandidat akan ditempatkan di seluruh wilayah operasi asuransi Jasindo. Jadi, jika Anda ikut tes di Jogja, belum tentu setelah lulus Anda akan ditempatkan di Jogja.

Selama masa MT satu tahun, Anda akan memperoleh take home pay sebesar 80% total gaji, yaitu sekitar 3.260.000.

Baiklah, kita mulai saja TPAnya. Semoga Anda beruntung.