Tags

, , , ,

Ahh~~ udah lama nggak nulis blog, padahal banyak bgt yg mau kushare tapi nggak sempet, hueeee

Bulan Desember aku jalan-jalan ke Eropah, emang lagi kuliah di UK sih, hehe

Mau sharing ah, sebelum lupa

Persiapan persyaratan Visa Schengen

yang bisa dilihat di website masing-masing negara, atau karena aku kuliah di UK jadinya masuk ke web http://nl.vfsglobal.co.uk/

Apply Visa

Jangan lupa telepon VFS untuk tahu slot yg kosong supaya bisa disesuaikan dgn jadwal wisata kita sejak jauh-jauh hari

Browsing!

Sebelum, sesaat setelah apply visa, dan setelah visa terbit, sebaiknya terus mengupdate informasi terkait itinerary wisata kita ya

Sebaiknya cari tahu TOP DESTINATION di Eropa, lalu cek musim apa yg cocok dan terbaik untuk berkunjung ke sana, jangan sampai salah timing, misal mau lihat festival tulip di Amsterdam, eeh itinerarynya masak pas Winter, gak nyambung, hehe ^^ atau mau ski di Finland tapi datengnya pas Summer, wah eksrim bingit salahnya!😀

Cek dan RICEK akomodasi, lokasi tempat wisata, dan moda transportasi karena ini makan waktu paling banyak.

Masalah akomodasi, entah mengapa rasanya ga rela bayarnya kalau belom cek dari harga termurah ke harga yg paling maksimal. Trus jangan lupa baca review customernya untuk tahu kelebihan dan kekurangan masing2 akomodasi, mulai dari spreinya (apa harus bawa sndiri atau sdh disediakan), kamar mandinya (apa harus sharing??, yaiks), seberapa jauhnya dari stasiun tram/subway/ halte bus terdekat (atau malah bisa jalan kaki doang saking deketnya ke City Center), breakfast/wifi sudah include apa belom dengan harga segitu, lalu bandingkan, BANDINGkan, dan BWUANDINGKAN dengan akomodasi lainnya.

Masalah lokasi wisata biasanya karena bingung saking banyaknya spot2 yang pengen dikunjungi. Yang jelas sesuaikan harga tiket/karcis masuk dengan BUDGET. Jangan sampai nggak makan gara-gara pengen ke Museum Louvre, waksss lapfaaar~ Selain itu, jangan lupa cek HARI/JAM BUKA dan TUTUP. Kan apes banget kalau bayar mahal eeh cuma 1 jam atau 2 jam kelayapan di dalem objek wisata, kalau bisa MAKSIMALKAN sampe semuanya sudah dijamah baru deh beranjak ke objek yang lain. Soalnya sayang banget duitnya kalau cuma bentar😦

Masalah moda transportasi muncul karena kita kurang familiar dengan sistem public transport di negara asing. Yang biasanya bisa cabs pake ojek dan angkot dari mana pun dan kapan pun sekarang jadi ga bisa. Mau nggak mau HARUS BACA jurusan subway/tram/bus. Kita bisa beli tiket 1 harian, 2 harian, atau 3 harian kalau mau menghemat, supaya nggak perlu beli single tiket tiap kali mau jalan.

BERANGKAAAATTT…..!😀

Akhirnya, setelah VISA TERBIT!! Terbaaaaangg ke eropahh😀😀😀 Oiya, kalau sudah liburan, jangan inget inget duit yak, bisa mengalir air mata, makan roti bisa jadi berasa makan daon ntar, hahahahahha